Pengertian Cuaca Menurut BMKG

Tahukah anda pengertian cuaca? Mungkin anda sering bertanya bagaimana kondisi cuaca hari ini? Ada sebagian dari Anda yang sering memantau keadaan cuaca karena tuntutan pekerjaan yang mengharuskan untuk berada di luar ruangan.

Berbicara tentang cuaca, seperti yang diketahui kondisi cuaca sekarang ini sering mengalami perubahan yang tidak menentu. Kadang cuaca terlihat cerah namun beberapa jam kemudian bisa berubah menjadi mendung.

Sebagian besar dari kita seringkali mendengar atau bahkan mengucapkan istilah ‘cuaca’. Lantas, sebenarnya apa pengertian dari cuaca itu sendiri dan apa saja unsur-unsur yang mempengaruhinya? Nah, untuk memahami lebih lanjut tentang cuaca beserta unsur-unsurnya simak ulasan berikut ini.

Pengertian Cuaca Secara Umum

Secara umum, cuaca diartikan sebagai kondisi perubahan suhu, angin, curah hujan, dan juga sinar matahari yang mana berlangsung singkat.

Jika merijuk pada Wikipedia, maka dapat kita temukan definisi cuaca adalah sebagai berikut :

Cuaca adalah keadaan atmosfer, yang menggambarkan tingkat panas atau dingin, basah atau kering, tenang atau badai, cerah atau berawan. Click To Tweet

Jika kita ditelusuri, pengertian yang diberikan oleh Wikipedia itu ternyata berasal dari kamus Merriam-Webster. Dan Merriam-Webster sendiri merupakan perusahaan asal Amerika Serikat yang telah mencekat kamus sejak tahun 1800-an.

Pengertian Cuaca Menurut BMKG

Di Indonesia lembaga yang khusus membidangi cuaca adalah Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau disingkat BMKG. Menurut Peraturan Kepala BMKG nomor 009 tahun 2010, pengertian cuaca adalah sebagai berikut :

Cuaca adalah kondisi atmosfer yang terjadi pada waktu dan tempat tertentu. Click To Tweet

Selain cuaca, kita juga sering mendengar istilah iklim yang berarti kumpulan dari cuaca itu sendiri. Jika diartikan lebih ringkas iklim juga dapat diartikan sebagai keadaan cuaca rata-rata yang terjadi dalam kurun waktu satu tahun.

Unsur-Unsur Cuaca

Setelah memahami tentang pengertian cuaca dan pengaruhnya dalam kehidupan manusia, selanjutnya kita perlu mengetahui unsur-unsur dari cuaca itu sendiri. Secara umum terdapat beberapa unsur yang membentuk cuaca.

Biasanya Unsur tersebut seringkali diamati oleh para ahli cuaca agar bisa memprediksi kondisi cuaca yang terjadi pada hari itu. Berikut ini beberapa unsur pembentuk cuaca yang perlu Anda ketahui.

Suhu

Suhu merupakan faktor pertama yang berpengaruh terhadap kondisi cuaca yang terjadi. Suhu atau biasa disebut keadaan cuaca merupakan kondisi dingin atau panasnya di permukaan bumi.

Umumnya suhu dipengaruhi langsung oleh paparan atau radiasi matahari. Jadi, misalnya daerah yang banyak terpapar sinar matahari akan terasa panas. Sedangkan daerah yang sedikit mendapat sinar matahari cenderung terasa dingin.

Angin

Faktor atau unsur selanjutnya yang berpengaruh terhadap kondisi cuaca di bumi adalah Angin. Secara umum, angin diartikan sebagai pergerakan udara yang terjadi di permukaan bumi.

Karena adanya perbedaan tekanan udara tersebut membuat udara bergerak. Hal itu menyebabkan perbedaan antara daerah satu dengan yang lainnya. Beberapa jenis angin yang memberikan pengaruh terhadap cuaca atau iklim di bumi yaitu angin musim, angin pasat dan juga angin lokal.

Tekanan

Tekanan merupakan berat udara yang terjadi di permukaan bumi. Adanya tekanan ini dipengaruhi oleh angin yang bergerak dari wilayah dengan tekanan tinggi ke wilayah yang rendah.

Perlu diketahui, tekanan yang rendah secara mendadak dapat menandakan adanya badai atau angin kencang. Sedangkan jika tekanan mengalami kenaikan dapat menandakan cuaca yang sedang.

Kelembapan

Kelembapan menjadi unsur yang memberikan pengaruh cukup besar pada kondisi cuaca di bumi. Kelembapan sendiri dapat diartikan banyaknya air di udara.

Jadi, semakin banyak airnya maka kondisinya akan semakin lembap. Umumnya, udara hangat dapat mempertahankan kelembapan lebih tinggi dibandingkan udara yang dingin.

Awan

Awan merupakan sebuah unsur cuaca yang terbentuk saat uap air mendingin di udara. Sehingga peristiwa tersebut dapat membentuk tetes air atau kristal es yang kecil.

Curah Hujan

Satu lagi unsur yang berpengaruh terhadap kondisi cuaca di permukaan bumi adalah curah hujan. Tahukah Anda saat udara lembap naik ke daerah yang tinggi maka udara akan mengalami kondensasi.

Setelah terjadinya kondensasi maka udara akan membentuk tetes air yang menjadi awan. Air yang terkandung di awan tersebut bisa jatuh dalam wujud hujan, es atau salju.

Demikian beberapa ulasan ringkas tentang pengertian cuaca beserta unsur-unsur yang mempengaruhinya. Semoga informasi di atas bermanfaat dan menambah wawasan kita terkait pembahasan tentang cuaca.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *