Apa Itu Siklon Tropis? Menurut BMKG

apa itu siklon tropis

Pernahkah Anda mendengar apa itu siklon tropis? Siklon tropis merupakan badai dengan kekuatan yang besar dengan daya rusak yang sangat tinggi.

Apa Itu Siklon Tropis?

Menurut Peraturan Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika nomor KEP. 009 Tahun 2010 tentang Prosedur Standar Operasional Pelaksanaan Peringatan Dini, Pelaporan, dan Diseminasi Informasi Cuaca Ekstrim, pengertian siklon tropis adalah sebagai berikut :

Siklon tropis adalah sistem tekanan rendah dengan angin berputar siklonik yang terbentuk di lautan wilayahtropis dengan kecepatan angin minimal 34,8 (tiga puluh empat koma delapan) knots atau 64,4 (enam puluh empat koma empat) kilometer (km)/jam di sekitar pusat pusaran.

apa itu siklon tropis
apa itu siklon tropis

Apa Berbedaan Badai, Topan dan Siklon Tropis?

Jika Anda perhatikan ada beberapa istilah yang digunakan dibeberapa daerah :

Di Atlantik Utara bagian barat, Pasifik Utara dan tengah, Laut Karibia, dan Teluk Meksiko, fenomena cuaca seperti itu disebut “badai” atau dalam bahasa Inggris disebut hurricanes.

Di Pasifik Utara bagian barat, disebut “topan”, dalam bahasa Inggris disebut typhoons. Di Teluk Benggala dan Laut Arab, itu disebut “siklon” dalam bahasa Inggris cyclones.

Menurut WMO (World Meteorological Organization), ketiga istilah di atas hurricanes, typhoons dan cyclones itu merupakan istilah-istilah yang dipakai untuk menggambarkan satu fenomena cuaca yang sama. Jadi anda tidak perlu bingung memahami semua istilah tersebut.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *