Apa Itu Tsunami? Pengertian Tsunami Menurut WMO

apa itu tsunami images

Tsunami adalah gelombang atau serangkaian gelombang, yang dihasilkan oleh gangguan seperti gempa bumi bawah laut yang menggeser dasar laut, tanah longsor, letusan gunung berapi, atau dampak asteroid.

Apa itu tsunami? Tentu anda pernah mendengar istilah tsunami sebelumnya. Namun tahukan anda apa sebenarnya tsunami itu. Yuk mari kita bahas bersama.

Asal Istilah Tsunami

Menurut wikipedia berbahasa Inggris istilah Tsunami berasal dari bahasa Jepang, tsunami (tsunami): tsu berarti pelabuhan, dan nami berarti gelombang. Jadi tsunami dapat diartikan sebagai gelombang pelabuhan.

Dalam aksara kanji Jepang, tsunami bisa dituliskan sebagai berikut :

tsunami dalam aksara kanji jepang
tsunami dalam aksara kanji jepang

Apa Itu Tsunami Menurut WMO

WMO merupakan kependekan dari World Meteorological Organization. WMO atau dalam bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai Organisasi Meteorologi Dunia merupakan organisasi antar negara yang beranggotakan 193 negara.

WMO telah menyediakan aplikasi web based khusus untuk memudahkan kita untuk mengetahui berbagai istilah meteorologi. Aplikasi itu bernama Meteo Term. Dan jika kita mencari istilah tsunami pada aplikasi tersebut maka kita akan mendapatkan pengertian tsunami sebagai berikut :

Tsunami adalah gelombang atau serangkaian gelombang, yang dihasilkan oleh gangguan seperti gempa bumi bawah laut yang menggeser dasar laut, tanah longsor, letusan gunung berapi, atau dampak asteroid.

pengertian tsunami
pengertian tsunami

WMO mengambil pengertian di atas dari laporan IPCC (Intergovernmental Panel on Climate Change) yang dapat anda temukan pada link berikut IPCC 5th Assessment Report, WG II Glossary.

Tsunami Adalah Serangkaian Gelombang

Tsunami adalah rangkaian gelombang yang terdiri dari beberapa gelombang. Bagan di bawah ini adalah catatan pasang surut air di Onagawa, Jepang pada saat gempa Chili tahun 1960.

Waktu diplot sepanjang sumbu horizontal dan ketinggian air diplot pada sumbu vertikal.

tsunami onagawa jepang
tsunami onagawa jepang (sumber : geology.com)

Perhatikan naik dan turunnya permukaan laut secara normal, yang disebabkan oleh pasang surut, selama bagian awal gambar tersebut. Kemudian gelombang lebih besar dari biasanya diikuti oleh beberapa gelombang yang jauh lebih besar. Dalam banyak peristiwa tsunami, garis pantai ditumbuk oleh gelombang besar yang berulang.

Animasi Tsunami NOAA

Untuk memahami lebih dalam mari kita simak video singkat berikut yang dirilis oleh NOAA

Mega Tsunami

Menurut artikel yang dirilis oleh Universitas Alaska, mega tsunami pernah terjadi pada tahun 1958, tepatnya pada tanggal 10 Juli di Teluk Lituya Alaska.

Tsunami ini disebut “mega” karena memang memiliki ukuran yang jauh di atas rata-rata. Ketinggiannya mencapai 1720 feet, atau sekitar 524 meter. Tsunami tersebut menyapu berbagai vegetasi yang terdapat pada lereng gunung.

Berikut ilustrasi dari Fritz dan Haber (2001) yang menunjukan peristiwa mega tsunami tersebut.

mega tsunami lituya
mega tsunami lituya

Ilustrasi di atas bersumber dari artikel yang sama, yang telah disebutkan sebelumnya. Demikianlah artikel mengenai apa itu tsunami. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *